Hello, how we can help?

logo alia

Tentang Alia

ALIA adalah Personal Money Management App yang membantu kamu mencatat transaksi, mengatur budget, mencapai tujuan keuangan kamu berbasis teknologi Artificial Intelligence. Hal ini sejalan dengan visi kami yaitu memberikan dampak bagi penggunanya dalam mencapai tujuan keuangan keuangan mereka agar hidupnya menjadi lebih baik lagi.




Briefcase Emoji

Profil

Pada Personal Information kamu dapat mengatur informasi Profil berupa Nama, Tanggal Lahir, Foto Profil dan Nomor Telepon serta dapat melakukan Ganti Password.

Berikut panduan cara mengganti informasi Profil:

  1. Masuk ke Pengaturan
  2. Klik Pengaturan 
  3. Kamu bisa pilih sesuai dengan yang ingin diatur, seperti Atur Profil (berupa Nama, tanggal lahir, foto profil, dan nomor telepon) atau Ganti Password (untuk melakukan update password baru)
  4. Setelah selesai, klik Simpan

Dengan mengaktifkan dan menggunakan PIN, kamu telah mengamankan dan mencegah orang lain untuk mengakses akun aplikasi ALIA kamu. Setiap membuka aplikasi ALIA kamu diharuskan memasukkan PIN untuk mengamankan penggunaan dan aksesibilitas data kamu.

Kelebihan Keamanan Ekstra

  • Data kamu lebih aman dengan PIN
  • ALIA menggunakan end-to-end encryption
  • Dapat mencegah orang lain untuk mengakses akun ALIA tanpa izin penggunanya

Cara Mengaktifkan PIN

  1. Masuk ke pengaturan
  2. Klik Set PIN
  3. Pilih Set up PIN
  4. Masukkan PIN yang diinginkan berupa angka sebanyak 6 angka, ulangi masukkan PIN pada tabel Re-confirmation PIN
  5. Klik tombol Simpan
Pencil Emoji

Fitur

Pada fitur Atur Budgeting, user dapat melakukan budgeting secara personal berupa total budget yang diinginkan, pilihan kategori budget, periode budget, dan user juga dapat mengatur secara berulang (recurring) sehingga budget kamu akan otomatis berulang selama jangka waktu tertentu dan kamu tidak perlu melakukan input setiap bulannya. Dari budget yang sudah diatur, user akan mendapatkan notifikasi jika akan total pengeluaran akan mendekati budget atau bahkan over spending. Kamu juga akan mendapatkan insight pengeluaran budget per-hari dari budget yang tersisa lho. Menarik bukan?

Cara Set Budget di Fitur Atur Budgeting:

  1. Berada di halaman Homepage ALIA
  2. Klik Atur Budgeting lalu pilih Set Budget
  3. Masukkan Jumlah Budget yang diinginkan
  4. Pilih Kategori yang sesuai
  5. Pilih Periode (Bulan) yang diinginkan
  6. Aktifkan set berulang untuk recurring budget dalam jangka waktu tertentu* (jika diperlukan)
  7. Klik Simpan

Pada fitur Catat Transaksi, user dapat melakukan input berdasarkan pemasukan dan pengeluaran yang terdiri dari Jumlah, Kategori, Tanggal, dan Keterangan. Selain itu user, juga dapat melihat hasil transaksinya berdasarkan bulan hingga dapat menampilkan semua hasil transaksinya secara transparan dan up to date.

Cara Set Transaksi di Fitur Catat Transaksi:

  1. Berada di halaman Homepage ALIA
  2. Klik tombol floating (+) untuk mempercepat buat transaksi atau klik Catat Transaksi lalu pilih Set Transaksi
  3. Pilih transaksi yang akan diinput antara Pengeluaran atau Pemasukan
  4. Masukkan Jumlah Transaksi yang diinginkan
  5. Pilih Kategori yang sesuai
  6. Masukkan Tanggal Transaksi
  7. Masukkan Keterangan untuk informasi transaksi tambahan
  8. Klik Simpan



Pada fitur Tujuan Keuangan, user dapat membuat tujuan keuangan secara personal berupa apa tujuan keuanganmu, jumlah total yang akan ditabung untuk mencapai tujuan keuangan kamu, jangka waktu mencapai tujuan keuangan, dan atau bisa juga dibantu ALIA secara otomatis jika ingin menentukan waktunya secara fleksibel (akan disesuaikan berdasarkan nominal yang akan ditabung). Dari penentuan target capaian dan penentuan nominal tabungan yang bisa diatur secara harian/mingguan/bulanan/tahunan sesuai dengan yang diinginkan.

Secara otomatis ALIA akan merekomendasikan jumlah nominal tabungan untuk mencapai tujuan keuangan penggunanya. Bersama ALIA jadi nggak ada ceritanya dengan disiplin atau rutin menabung kalau kamu tidak bisa mencapai mimpi keuangan kamu ya Teman ALIA!

Cara Set Tujuan Keuangan:

  1. Berada di halaman Homepage ALIA
  2. Klik Tujuan Keuangan lalu klik Tambah Tujuan
  3. Masukkan Tujuan Keuangan yang diinginkan
  4. Tentukan nama tujuan keuangan kamu dan masukkan jumlah nominal yang akan ditabung untuk tujuan keuangan 
  5. Tentukan jangka waktu untuk mencapai tujuan keuangan berupa tenggat waktu melalui kalender atau waktu ditentukan secara fleksibel
  6. Tentukan siklus nominal tabungan untuk mencapai tujuan keuangan berdasarkan target capaian
  7. Klik Simpan
Money with Wings Emoji

Catat Transaksi

Pada fitur integrasi Bank ini, bagi pengguna premium ALIA akan mendapatkan fasilitas monitoring, lacak otomatis tanpa ribet untuk pengeluaran dan pemasukan (mutasi transaksi) Akun Bank yang terconnect dengan Aplikasi ALIA. Jadi kamu nggak perlu susah-susah lagi untuk ngelakuin tracking pengeluaran dan pemasukan yang akan tercatat otomatis di fitur Catat Transaksi dari akun Bank kamu nih. Selain itu kamu juga akan tahu berapa saldo rekening Bank kamu secara up to date lho. Simple bukan? Akun Bank yang tersedia saat ini ada BRI, Mandiri, BNI, dan BCA.

 

Pada fitur integrasi E-Wallet ini, user akan mendapatkan fasilitas monitoring, lacak otomatis tanpa ribet untuk E-Wallet yang terconnect dengan Aplikasi ALIA. Jadi kamu nggak perlu susah-susah lagi untuk ngelakuin tracking pengeluaran dan pemasukan dari E-Wallet kamu nih. Simple bukan? E-Wallet yang tersedia saat ini ada OVO, Link Aja, Grab, Dana dan Jenius. Sayangnya sejauh ini untuk fitur integrasi E-Wallet masih tersedia untuk pengguna Android saja, namun kedepan ALIA akan kembangkan untuk pengguna iOS juga ya Teman ALIA!

Fitur catat otomatis Alia menggunakan akun internet bankmu untuk melakukan pencatatan transaksi otomatis. Jika kamu belum memiliki internet bank, kamu bisa mendaftarkannya dengan panduan ini

Money_Bag_Emoji_60x60

Analisa Keuangan

Insight

(Panduan Finansial dan Artikel ALIA)

Pada fitur ini, user akan dimanjakan dengan adanya artikel edukatif dan informatif seputar panduan finansial seperti keuangan personal, investasi, tips mengelola keuangan ala mahasiswa, keuangan syariah, dan banyak lagi lainnya.

Pada fitur analisa keuangan ini, akan memudahkan user dalam menganalisa arus kas kamu berupa pengeluaran dan pemasukan dalam range waktu 7 hari, 2 minggu, 1 bulan terakhir maupun custom untuk melihat analisa keuangan bulan-annya. Dengan adanya fitur ini, user akan mengetahui arus kas secara real time yang tersedia dalam bentuk grafik, chart bar, dan pie chart. Selain itu user akan mendapatkan insight seberapa aman kasnya apakah surplus atau defisit arus kasnya pada periode yang dipilih dan akan diinformasikan 3 pengeluaran terbesar pada kategori mana beserta total jumlah pengeluaran dan persentase kategorinya.

Speech_Bubble_Emoji_60x60

Referral

Dengan mengajak teman menggunakan kode referral, kamu akan mendapatkan keuntungan  e-book alia senilai Rp150.000 saat teman kamu mendaftar menggunakan kode referral kamu. 

Cara menggunakan kode referral:

  1. Saat berada di homepage App ALIA, scroll down lalu klik tombol Ajak Sekarang pada banner Ajak Teman #AntiBoncos  atau klik tombol pengaturan lalu pilih sub-button Kode Referral
  2. Baca syarat dan ketentuan kode referral, lalu salin atau bagikan kode referral kamu melalui media sosial yang diinginkan
  3. Jika teman kamu berhasil mendaftar, kamu akan mendapatkan notifikasi dari ALIA dan teman yang sudah mendaftar akan bertambah pada page referral serta tentunya akan secara otomatis kamu mendapatkan ebook gratis selamat satu bulan