Apa itu Investasi Syariah?

Mau investasi tapi takut dosa?

Untuk muslim, menjalankan investasi sesuai prinsip agama itu penting. Oleh sebab itu, solusi yang bisa kita lakukan adalah berinvestasi di investasi syariah agar sesuai dengan prinsip agama.

Tapi, apa itu investasi syariah?

Investasi syariah adalah investasi yang memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan sesuai dengan prinsip-prinsip Islam berdasarkan Al-Quran dan Hadits. Berikut adalah karakteristik umum dari investasi syariah:

1. Halal

Tidak mengandung hal yang berunsur haram seperti babi, alkohol dan lain lain. 

2. Bebas Riba

Riba seringkali di artikan dengan bunga. Secara harfiah, riba berarti melebihkan. Dalam syariah, riba berarti tambahan yang dipersyaratkan atas jumlah pinjaman tertentu karena akan merugikan satu pihak Dalam islam , keuntungan harus  tergantung dari kinerja investasi tersebut. Dengan konsep  riba, meskipun mengalami kerugian, peminjam harus membayarkan bunga bank yang telah dipersyaratkan. 

3. Tidak mengandung Gharar atau Maysir

Gharar berarti ketidakpastian dalam transaksi yang dapat menimbulkan ketidakadilan bagi salah satu pihak. Sedangkan Maysir bermakna spekulasi atau judi. Transaksi Maysir merugikan salah satu pihak dan menguntungkan pihak lainnya. Contoh dari ini adalah judi atau berinvestasi tanpa landasan dengan tujuan spekulasi.   

Jika kalian ingin berinvestasi di instrumen yang bersifat syariah, kalian tidak perlu khawatir lagi! Sekarang banyak sekali pilihan investasi syariah yang bisa kalian pilih. Produk investasi syariah di Indonesia di jamin oleh Fatwa DSN  (Dewan Syariah Nasional). Simak panduan lebih lanjut di panduan investasi syariah kami!       

 

Share this

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on whatsapp