Sehatkah Keuangan Kamu?

Kamu mungkin selalu memperhatikan kesehatan tubuh kamu, tapi apakah kamu pernah memperhatikan kesehatan keuangan mu?

Jangan sampai keuangan kamu dibiarkan sakit-sakitan! 

Kita harus memeriksa keuangan kita, apakah sudah dalam kategori sehat dan perlu kita jaga kesehatannya. Kesehatan keuangan menunjukkan kondisi keuangan dan kemampuan kita untuk membayar kebutuhan hingga kewajiban secara finansial.

Ada beberapa aspek yang perlu kita perhatikan untuk menentukan apakah keuangan kita sudah sehat atau belum. 

1. Rasio Likuiditas

Rasio ini menunjukkan kemampuan keuangan kamu untuk mengubah aset menjadi uang tunai secara cepat karena uang tunai merupakan aset likuid atau cepat cair. Aset likuid ini digunakan untuk membayar pengeluaran harian keluarga jika terjadi hal yang tidak diinginkan maka aset ini dapat digunakan secara cepat.

Pada umumnya rasio ini bisa disebut dengan dana darurat, dimana kamu minimal perlu 6x pengeluaran bulanan untuk dikatakan kamu memiliki rasio likuiditas yang baik.

2. Rasio Utang

Rasio ini membandingkan total utang dengan total pendapatan. Acuan jumlah utang yang sehat adalah maximal 35% dari total pendapatan kamu.

Apabila kamu memiliki pendapatan sebesar Rp 10 juta per bulan, pastikan cicilan untuk kartu kredit, rumah, motor itu dibawah Rp 3,5 juta per bulan agar dapat masuk ke dalam kategori yang sehat.

3. Rasio Tabungan

Rasio ini menunjukkan apakah kamu dapat menyisihkan sebagian dari pendapatan kamu untuk ditabung. Menabung disini termasuk menyisihkan sebagian penghasilan untuk diinvestasikan pada tujuan keuangan mu.

Minimal kamu dapat menyisihkan 10% dari pendapatan tiap bulannya untuk digunakan mencapai tujuan keuangan yang kamu inginkan.

4. Rasio Solvabilitas

Rasio ini menghitung kemampuan keluarga atau individu untuk melunasi kewajiban jangka pendek maupun jangka panjang dengan aset yang dimiliki. Kamu dapat menghitungnya dengan membagi total kekayaan bersih dengan total aset.

Misalnya kamu memiliki total aset sebesar 100 juta dan total kewajiban 20 juta, maka kekayaan bersih yang kamu miliki adalah 80 juta. Sehingga rasio solvabilitas kamu adalah 80% dari kekayaan bersih dibagi total aset. Rasio solvabilitas kamu minimal adalah 50% dimana jumlah utang tidak melebihi setengah aset yang kamu miliki.

Dari empat rasio diatas kita dapat mengetahui apakah kondisi keuangan kamu sudah sehat atau belum. Kita perlu mengetahui kesehatan kondisi keuangan kita sedini mungkin agar dapat mengatasi masalah yang ada dengan lebih cepat.

Apabila kamu memiliki keuangan yang sehat, selamat!! Pertahankan terus kondisi keuangan kamu. Tetapi jika kamu memiliki rasio yang kurang sehat, jangan berkecil hati! Kamu bisa menyusun strategi untuk mengatasi permasalahan ini secara bertahap sambil mempelajari lebih dalam terkait perencanaan keuangan.

Share this

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on whatsapp