Gaya Hidup Finansial Sehat untuk Pelajar

Belum akhir bulan jajan udah abis?

Udah bikin budgeting tapi kok malah jebol? Itu berarti kamu cukup boros loh! Sebagian besar orang memiliki kesulitan dalam mengendalikan pengeluarannya, hal ini didorong gaya hidup konsumtif dalam memenuhi keperluannya. Kita harus mulai menyisihkan uang kita dapat mencapai tujuan keuangan yang kita inginkan.

Nah, kalau begitu bagaimana sih cara agar kita bisa menjadi lebih hemat?

Untuk bisa mulai menabung, mencapai tujuan keuangan, dan tidak boros, kita perlu mengubah kebiasaan kita dari yang tadinya boros menjadi kebiasaan-kebiasaan yang mendorong kita untuk berhemat.

Ada beberapa kebiasaan yang bisa kamu lakukan, yaitu:

1. Susun kembali anggaran dan coba untuk menerapkannya dengan baik

Kita coba membagi pengeluaran kita menjadi beberapa pos, dan usahakan untuk menjalankan pengeluaran sesuai dengan penganggaran yang kita buat

2. Cari tahu penyebab kamu boros! Dan temukan solusinya

Apakah selama ini secara tidak sadar kamu selalu belanja baju baru setiap minggunya? Atau minum kopi di cafe setiap hari? Sadari hal apa saja yang membuatmu menjadi boros! Setelah itu kita cari cara untuk mengubah kebiasaan itu

3. Ubah kebiasaan lama dengan kebiasaan baru

Misalnya selama ini kamu selalu minum kopi di cafe, kamu bisa mengubah kebiasaan itu dengan membeli biji kopi dan membuatnya sendiri di rumah agar lebih murah

4. Buat pengingat dan hindari godaan

Tempel notes pengingat di tempat yang sering kamu lihat seperti kulkas atau meja kerja, untuk mengingatkanmu jangan tergoda membeli barang yang diperlukan. Kurangi juga melakukan hal yang bisa membuatmu tergoda, misalnya kurangi penggunaan aplikasi online shop agar kamu tidak memesan barang yang kamu lihat.

5. Maafkan diri sendiri

Terkadang, ada waktu dimana kita kalap atau khilaf, dan kembali melakukan kebiasaan boros. Jangan fokus menyalahkan diri sendiri, akan tetapi berusaha untuk kembali fokus ke perencanaan keuangan kita, ubah kembali kebiasaan buruk kita, dan selalu melakukan pengingat untuk membantu kita terhindar dari godaan.

Mengubah sifat boros secara drastis cukup sulit karena sudah menjadi kebiasaan, akan tetapi dengan mengubah secara perlahan dan bertahap kita pasti bisa mengurangi pemborosan yang kita lakukan selama ini. Mulai dari menyusun anggaran, disiplin dengan pos pengeluaran yang kita buat, cari tahu akar permasalahan dari pemborosan kita dan ubah kebiasaan itu, serta lakukan pengingat agar terhindar dari godaan, maka kita pasti bisa secara perlahan menjauh dari sifat boros!

Share this

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on whatsapp