Checklist Sebelum Investasi ala Pelajar

Kamu udah mulai menabung dari uang bulanan. Namun, pertanyaan selanjutnya adalah.. Uangnya dikemanain ya? Kira-kira apa yang harus diprioritaskan terlebih dahulu? 

Dengan tabungan kamu, pastikan kamu mengikuti to-do list ini nih untuk memastikan kamu mengalokasikan tabungan kamu dengan baik!

  1. Memiliki proteksi  Proteksi artinya kamu memiliki tabungan kas yang cukup untuk memenuhi kehidupan kamu selama 6 bulan kedepannya. Tabungan ini bisa kamu simpan secara kas maupun di tabungan bank kamu. 
  2. Memikirkan tujuan keuangan kamu : Sebelum melakukan alokasi investasi, coba periksa tujuan kamu. Apakah kamu ada tujuan keuangan yang harus dicapai dalam waktu dekat atau waktu yang cukup lama? Dari situ, kami bisa menentukan investasi juga yang cocok untuk mencapai tujuan kamu dan berapa yang kamu perlu tabung. Baca lebih lanjut mengenai tujuan keuangan di artikel ini. 
  3. Mengalokasikan sisanya untuk investasi : Jika kamu sudah memiliki cukup dana untuk proteksi dan tujuan keuangan, kamu bisa berinvestasi untuk jenis aset yang bersifat lebih berisiko. Namun.. Ingat! Kamu juga harus ingat untuk memiliki pengetahuan yang cukup mengenai investasi tersebut!

Jika kamu mau mulai merencanakan tujuan kamu, kamu bisa loh memulainya dari aplikasi ALIA dengan fitur tujuan keuangan!

Share this

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on whatsapp