Cara Kelola Uang Jajan untuk Pelajar

Tugas anak kuliah itu belajar! Ya.. memang benar sih tapi selain itu penting banget loh untuk belajar mengelola keuangan dari kuliah. Terlebih lagi untuk anak rantau, pengelolaan uang jajan itu lebih penting karena tidak ada keluarga yang bisa dimintai uang kapan saja.

Lalu, bagaimana sih mengatur uang bulanan bagi mahasiswa yang belum menghasilkan pendapatan sendiri khususnya?

Kita bisa mulai dari mengatur keuangan dari uang jajan kita loh dan mulai menabung dari sana! Kalau kamu belum menghasilkan uang sendiri, itu jangan menjadi alasan untuk gak bisa nabung!

Ada beberapa tahap yang bisa kamu lakukan untuk memulai mengelola keuangan secara efektif!

 

  1. Bedah kondisi keuangan : Coba deh cek berapa pengeluaran per bulan kamu dengan menghitung pengeluaran per bulan bulan lalu.

  2. Bagi pengeluaran kamu berdasarkan prioritas : Dari pengeluaran, kamu bisa bagi berdasarkan pentingnya pengeluaran tersebut seperti pengeluaran wajib, sekunder, dan tersier.

  3. Refleksi keuangan : Jika keuangan kamu ternyata boros, kamu bisa melihat apa pengeluaran yang kamu bisa keluarkan dari yang paling gak penting.

  4. Membuat budget : Agar kamu dapat mengelola keuangan agar tidak bocor, kamu bisa membuat budget berdasarkan target keuangan dan realistis berdasarkan bedah kondisi keuangan kamu. Simak artikel selanjutnya untuk panduan budgeting!

  5. Tetap teguh dengan budget kamu : Jangan lupa mencatat keuangan agar tetap berada di budget yang kamu tetapkan dan selalu memonitor keuangan kamu agar tidak boros.

 

Supaya mudah dalam mengelola keuangan kamu, kamu bisa membuat budget dan mencatat transaksi kamu dengan aplikasi ALIA loh!

 

Share this

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on whatsapp