Pentingnya Melek Keuangan

Menurut Otoritas Jasa Keuangan, 62% populasi di Indonesia tidak melek keuangan atau buta keuangan.  Banyak yang bilang.. Ngatur duit tuh bikin depresi, musingin, pokoknya ribet deh! Akhirnya ga belajar sama sekali. 

Well.. Kamu bener itu emang bikin pusing tapi kamu punya pilihan untuk biarin uang mengontrol hidup kamu atau kamu mengontrol uang kamu karena hampir segala aspek dalam hidup kamu itu berhubungan dengan uang. Hubungan kamu dengan orang tua, keluarga besar, pasangan, prospek kamu di masa depan mungkin akan berhubungan dengan uang di masa depan nanti. Karena itu, melek keuangan menjadi penting banget buat kamu untuk mengambil kontrol penuh atas hidup kamu!

ALIA punya checklist nih untuk ngecek kamu melek atau buta keuangan, coba tandan apakah kamu memenuhi persyaratan dibawah ini:

  • Mengerti Kondisi Keuangan Sendiri
    • Coba cek apakah kamu tau berapa pengeluaran dan pendapatan bulanan kamu dan jumlah kekayaan kamu?
  • Tahu Tujuan Keuangan Kamu
    • Nah, apakah kamu tahu tujuan keuangan kamu di masa depan dan telah merencanakannya? Misalnya trip di instagram yang udah
  • Tahu Cara Mencapai Tujuan Keuangan Kamu
    • Setelah tahu tujuan keuangan kamu, apakah kamu tahu berapa jumlah yang harus ditabung dan berapa lama mencapainya?
  • Tahu Produk Investasi yang Digunakan untuk Mencapai Tujuan Keuangan Kamu!
    • Bukan hanya mengerti cara menabung, apakah kamu juga tahu produk investasi yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan keuangan lebih efisien?

Jika kamu mencentang seluruh daftar tersebut, maka selamat kamu termasuk generasi melek keuangan dan mungkin bukan broke millennial! Bagusnya juga, kamu artinya juga sudah terampil mengelola sumber daya keuangan yang kamu punya dengan efisien.

Kalau misalnya kamu belum mencentang seluruh daftar tersebut.. Maka jangan khawatir! Yuk belajar keuangan biar nantinya keuangan kamu lebih baik. 

 

 

Pstt… aku juga mau kasih tau beberapa risiko kalau kamu ga melek keuangan

  1. Gali Lubang Tutup Lubang
    1. Apa nih maksudnya? Pernah gak pengeluaran kamu ngelebihin budget dan akhirnya malah ngutang sama kerabat terdekat untuk menutupi kebutuhan kamu di bulan iut. 
  2. Tujuan Keuangan ga tercapai! Mau nikah melarat, beli rumah budget ga kesampean!
    1. Apa nih maksudnya? Kalau ga direncanakan dengan baik bisa aja tujuan keuangan kamu gak kesampean terus!

Nah! Jadi penting banget loh mengelola Keuangan!

Share this

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on whatsapp