Panduan Tujuan Keuangan

Kita semua pasti pernah membuat tujuan keuangan, baik secara sadar maupun tidak sadar. Misalnya ketika kita ingin membeli smartphone baru tahun depan, pasti kita mulai menyisihkan uang kita tiap bulannya untuk mencapai target kita yaitu HP baru. Setiap orang memiliki hal yang diinginkan, dan tentunya akan berbeda-beda. Ada banyak hal yang kita inginkan, dan akan sulit tercapai apabila kita tidak merencanakan. Oleh karena itu kita perlu merencanakan dan membuat tujuan keuangan.

Tujuan keuangan adalah target pribadi dan gambaran besar yang kita buat untuk merencanakan cara kita menabung dan membelanjakan uang. Tujuan ini bisa untuk hal yang ingin kita capai dalam jangka pendek atau jangka waktu yang lebih panjang. Dengan membuat tujuan terlebih dahulu, kita akan lebih mudah mencapai karena sudah mengidentifikasi tujuan kita sebelumnya.

 

Kita bisa memulai merencanakan dengan menggunakan metode SMART, yaitu suatu metode keuangan yang mengutamakan tujuan agar tercapai. Kita akan membahas secara satu persatu.

  • Specific (Spesifik): Pertama-tama, kita perlu menentukan secara spesifik apa target yang ingin kita capai dengan melakukan perencanaan keuangan. Apakah kamu ingin mempersiapkan uang pernikahan? DP rumah? Membeli mobil? Tentukan apa target yang kamu ingin capai.
  • Measurable (Terukur): Pastikan tujuan yang kamu ingin capai dapat diukur dan dihitung, agar kita bisa mengukur perkembangan dan progres dari tujuan kita
  • Achievable (Bisa dicapai): Cek dan bandingkan tujuan keuangan yang dibuat dengan kondisi saat ini, apakah target yang dibuat dapat dicapai? Dan langkah apa yang diperlukan agar tujuan bisa tercapai
  • Realistic (Realistis): Pastikan rencana dan tujuan yang kamu buat realistis dengan keadaan kamu. Misalnya kamu memiliki gaji Rp 3 juta per bulan tetapi ingin menabung Rp 100 juta dalam 3 bulan realistis? Kita harus mengevaluasi kondisi kita dan memastikan tujuan yang kita tetapkan masih realistis untuk dicapai, apabila tidak kita bisa merevisi besaran dana yang diperlukan atau memperpanjang waktu yang diperlukan.
  • Time-Based (Berdasarkan Waktu): Tetapkan berapa lama waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dengan menetapkan tenggat waktu kita menjadi lebih fokus dan termotivasi untuk mencapai target yang kita punya.

 Metode SMART ini adalah langkah awal untuk kamu memulai membuat tujuan keuangan baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Dengan menerapkan metode ini kamu akan mendapatkan gambaran dan detail yang lebih jelas terkait tujuan yang ingin kamu capai, berapa uang yang harus kamu tabung, hingga kapan tujuan keuangan dapat tercapai. Nah, apakah kamu ingin menggapai tujuan keuangan pada tahun ini dengan metode SMART?

 

Share this

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on whatsapp