Panduan Menabung

Menabung terdengar mudah dilakukan, pada nyatanya sulit diterapkan. Selalu saja ada kebutuhan lain yang mendadak sehingga uang untuk menabung tidak kunjung terkumpul. Padahal, kita memiliki tujuan keuangan yang ingin kita capai, dan untuk mencapainya kita perlu yang namanya menabung. 

Untuk sukses menabung, kuncinya adalah disiplin dan konsisten. Setiap orang punya alasan masing-masing kenapa mereka mencoba menabung, kita akan memberikan tips bagaimana sih cara menabung yang baik.

Berikut ini adalah tips menabung yang dapat kamu lakukan:

  • Tentukan tujuan keuangan dari tabunganmu: Apakah kamu menabung untuk membeli HP baru? Atau ingin menabung untuk mempersiapkan DP rumah? Tentukan terlebih dahulu tujuan kamu untuk menabung.
  • Kapan kamu ingin mencapai & berapa besar uang yang diperlukan: Dengan mengetahui waktu dan besar uang yang diperlukan, kamu dapat menghitung berapa jumlah uang tabungan yang perlu kamu sisihkan, sehingga tidak lagi bingung dengan berapa besaran uang yang perlu ditabung.
  • Sisihkan bukan sisakan: Ketika mendapatkan gaji, langsung sisihkan uang tabungan sebesar yang telah kamu hitung, dan jangan disentuh untuk keperluan lain. Kalau perlu, simpan di rekening terpisah agar kamu tidak tergoda untuk menyentuhnya. Dengan menyisihkan terlebih dahulu, kamu sulit untuk beralasan akan menabung ketika ada sisa pendapatan
  • Buat skala prioritas: Kamu sudah menyisihkan tabungan dan merasa kekurangan uang untuk kebutuhan lainnya? Kamu bisa mulai menekan pengeluaranmu dengan mencari pos pengeluaran yang kamu rasa tidak terlalu penting dan bisa ditunda untuk memprioritaskan hal yang lebih penting sesuai kebutuhan kamu.
  • Punya kebiasaan boros? Salah satu alasan utama sulit menabung adalah mempunyai kebiasaan boros. Kita harus tau terlebih dahulu permasalahan yang membuat kita boros, apakah setiap hari minum kopi di cafe? Selalu memesan makanan online? Setelah mengetahui masalahnya kita bisa mengurangi secara perlahan frekuensi dari konsumsi yang kita lakukan dan coba diubah dengan alternatif yang lebih hemat. Dari situ kita akan menyimpan lebih banyak uang karena kebiasaan yang membuat boros kita berkurang secara perlahan
  • Kamu ingin menabung tapi belum ada tujuan yang jelas? Kamu bisa memulai kebiasaan menabung dengan mulai menyisihkan sedikit demi sedikit yang lama kelamaan akan menjadi bukit. Mungkin kamu bisa mulai dari menabung Rp 10.000 tiap hari selama setahun atau kamu bisa menabung dengan penambahan dua kali lipat tiap minggunya, minggu pertama menabung Rp 10.000, minggu kedua Rp 20.000 dan seterusnya. Sehingga kedepannya kamu akan lebih mudah dalam mencapai tujuan keuangan karena sudah terbiasa menabung

Itulah tips menabung yang bisa kamu terapkan untuk menciptakan kebiasaan menabung, jangan lupa untuk tetap disiplin dan konsisten dalam menabung agar kamu bisa mencapai tujuan keuangan yang telah kamu buat. 

 

Share this

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on whatsapp