Perjalanan Hidup Chairul Tanjung Mencapai Sukses


Siapa yang tidak kenal dengan Chairul Tanjung, pemilik CT Corp dengan berbagai lini bisnis dan merupakan orang terkaya nomor 6 di Indonesia.

Dengan kekayaan yang ditaksir mencapai Rp 50 Triliun, kira-kira bagaimana perjalanan hidup beliau?

Lahir pada 16 Juni 1962 di Sibolga dan berasal dari kondisi kalangan menengah ke bawah. Hal ini membuat Chairul terkenal dengan julukan anak singkong, alias anak kampung yang serba kekurangan karena ayahnya yang di PHK. Walaupun kondisi perekonomian sulit, orang tua Chairul berhasil menyekolahkan hingga ke bangku kuliah.

Selama berkuliah, Chairul mulai menumbuhkan jiwa kewirausahaannya untuk membiayai kebutuhan kuliahnya sehingga ia mulai dari berjualan modul pembelajaran, LKS, kaos hingga fotokopi di kampus.

Berkali-kali ia memulai bisnis dengan skala yang lebih besar seperti toko peralatan kedokteran dan usaha kontraktor yang sayangnya kedua usaha ini tutup karena bangkrut. Sehingga ia harus bekerja di perusahaan baja dan perusahaan rotan untuk bertahan hidup.

Chairul sempat berhasil dalam bisnis ekspor sepatu anak yang berhasil menjual 160 ribu pasang sepatu dari Italia dengan perusahaan PT Pariarti Shindutama yang dibuat bersama tiga rekannya, akan tetapi karena perbedaan pandangan antara Chairul dengan temannya, ia mundur dari bisnis tersebut.

Chairul pun membuat Para Group yang sekarang dikenal dengan nama CT Corp yang saat ini memiliki banyak usaha mulai dari bidang keuangan, multimedia, hingga property. Ia mengarahkan bisnisnya ke konglomerasi yang memiliki beragam bisnis.

Beberapa perusahaan yang dipegang Chairul mulai dari Mega Corp, Trans Corp dan CT Global Resources. Ia juga memiliki beberapa izin waralaba seperti Wendy’s, Versace, Mango dan Jimmy Choo di Indonesia.

Terkenal dengan kecerdasannya, Chairul pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ditunjuk untuk menjadi Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia.

Menurut Chairul, kesuksesannya ini berasal dari kesabaran dan pantang menyerah dalam menghadapi segala sesuatu. Selain itu kita harus berbuat baik dan tidak pernah pilih-pilih teman, karena menurut Chairul ia berhasil mendirikan Para Group karena ia berhasil membangun jaringan pertemanan yang baik dan mendukung sehingga Para Group atau saat ini CT Corp menjadi sebesar saat ini.

 

Share this

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on whatsapp