Buku Cashflow Quadrant Karya Robert Kiyosaki

 

Dalam buku ini, diajarkan mengenai 4 sumber pendapatan, yaitu:

Employee (Pegawai), Self-employed, Business Owner (Pemilik bisnis), Investor

Quadrant Employee memilih keamanan dan kenyamanan dengan gaji setiap bulan yang pasti diterima, sehingga memilih menggunakan waktu yang ditukarkan untuk bekerja

Quadrant Self Employed mewakili para pebisnis yang memiliki usaha tapi dikerjakan sendiri (Dokter, designer, agen asuransi). Walaupun memiliki bisnis, pekerjaan “S” ini masih perlu menukarkan waktunya bahkan lebih dibanding pekerjaan “E” untuk mendapatkan penghasilan

Kedua Quadrant ini memiliki kesamaan dimana untuk mendapatkan penghasilan masih perlu menukar waktu yang dimiliki dan semakin tinggi waktu yang diberikan semakin tinggi pula penghasilannya. Bagaimana dengan Quadrant “B” dan “I”?

Quadrant Business Owner untuk perusahaan dengan lebih dari 500 karyawan, dimana pemilik bisnis sudah memiliki sistem yang baik dan tidak perlu bekerja setiap saat untuk perusahaannya serta berhasil mendapatkan penghasilan tanpa perlu bekerja

Quadrant Investor menunjukkan seseorang sudah memiliki kebebasan dalam hidupnya. Mulai dari kebebasan finansial hingga kebebasan waktu. Quadrant “I” ini memiliki aset yang bekerja dan menghasilkan uang untuk menghidupi kebutuhannya.

Berbeda dengan Quadrant “E” dan “S” yang masih memerlukan menukar waktunya untuk mendapat penghasilan, quadrant “B” dan “I” dengan bisnis besar dan hasil investasinya sudah tidak perlu lagi bekerja dan menukarkan waktunya untuk mendapatkan penghasilan. Penghasilan itu datang dari bisnis dan aset yang dimiliki.

Tentunya cara untuk bisa berada pada Quadrant “B” dan “I” tidaklah mudah.

Apabila kita saat ini sebagai employee /pegawai “E” dan mulai berinvestasi sejak dini serta terus meningkatkan aset produktif kita, di masa depan kita dapat naik kelas menjadi quadrant “I” dari hasil investasi kita.

sedangkan jika saat ini kita Self Employed yang sedang membangun bisnis sendirian, di masa depan kita dapat naik kelas menjadi quadrant “B” dengan membuat bisnis besar yang sudah tersistem dengan baik sehingga kita tidak perlu ikut bekerja lagi. 

Jadi, quadrant mana yang jadi pilihanmu?

 

Share this

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on whatsapp