Privilese keuangan menjadi presiden Amerika Serikat

Presiden terpilih AS, Joe Biden dan pasangannya Kamala Harris akan resmi memimpin Amerika Serikat pada 30 Januari 2021. Dengan menjadi presiden AS, selain memegang kekuasaan tertinggi dalam suatu negara juga memiliki banyak benefit keuangan yang diterima, kira-kira apa saja ya?

Sebagai presiden, gaji tahunan yang akan diterima Joe Biden sebesar 400.000 dollar AS atau sekitar Rp 5.653 Miliar di luar biaya tunjangan. Apabila kita lihat, biaya tunjangan sendiri terdiri dari tunjangan pengeluaran tahunan 50.000 dollar AS, perjalanan tidak kena pajak 100.000 dollar AS, dana hiburan 19.000 dollar AS, dana pensiun 200.000 dollar AS yang bila dihitung mencapai Rp 5.215 Miliar. 

Sebagai Presiden AS mereka menikmati segala fasilitas yang ada di white house, seperti lapangan bowling, lapangan basket,lapangan tenis hingga kolam renang. Selain fasilitas olahraga, white house sendiri memiliki 6 lantai beserta 132 kamar.

Selain itu  presiden dan keluarga mendapat dana sebesar Rp 1.4 Miliar untuk mendekorasi white house sesuai keinginannya agar merasa nyaman ketika tinggal semasa jabatannya.

Presiden juga memiliki akses terhadap rumah pribadi, pesawat & helikopter pribadi.

Wah banyak banget ya kelebihan ketika menjadi presiden AS, tetapi salah satu kekurangan ketika menjadi presiden US adalah mereka tidak mendapatkan hari libur yang bisa didapatkan hanyalah perubahan suasana sehari-hari dengan travelling ke berbagai negara dalam rangka pemenuhan tugas.

 

Share this

Share on facebook
Share on linkedin
Share on twitter
Share on whatsapp